Bagaimana Menuju ke Mui Ne Sand Dunes

Bukit Pasir Putih di luar Mui Ne adalah salah satu keanehan geologis yang menawan di Vietnam.

Meskipun kebanyakan orang mengunjungi White Dunes dalam tur, menuju ke sana sendiri cukup mudah. Berjalan dengan kecepatan Anda sendiri memberi Anda waktu untuk benar-benar menghargai daerah tersebut, berpiknik, menghapus beberapa kali kereta luncur menuruni lereng yang panas, dan membuat hari yang menarik jauh dari pantai.

Hampir disana

Di luar diperas dengan taksi jarak jauh, ada tiga pilihan untuk mencapai bukit pasir di dekat Mui Ne: Tour jeep, sepeda, dan sepeda motor. Ketiga pilihan transportasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan—pilih yang terbaik untuk Anda.

Dengan Tur Jeep

Jip tentara yang telah dipugar dan direstorasi dengan indah memenuhi jalur wisata di seluruh Mui Ne. Jip ini dapat dipesan untuk tur empat jam yang mencakup kedua rangkaian bukit pasir, aliran peri, dan terkadang desa nelayan. Jeep biasanya berangkat jam 5 pagi untuk melihat matahari terbit di bukit pasir atau jam 2 siang untuk mengejar matahari terbenam. Kelemahannya, seperti bergabung dengan tur lain, adalah Anda melepaskan kendali atas berapa banyak waktu yang dihabiskan di setiap atraksi. Pergi dengan pemandu bersertifikat atau pesan melalui akomodasi Anda untuk menghindari kejutan yang membuat frustrasi.

Dengan sepeda

Tergantung di mana Anda memulai di sepanjang jalur wisata, Red Dunes berjarak sekitar enam mil; perjalanan bersepeda yang menyenangkan bagi siapa pun yang cukup bugar. Aliran Peri, sekitar tiga mil dari jalur wisata, ada di sepanjang jalan.

Meski mungkin dengan darah, keringat, dan hasrat yang cukup, bersepeda ke White Dunes tidak terlalu menyenangkan. Paruh pertama dari perjalanan 22 mil cukup mudah, namun angin kencang di sepanjang jalan pesisir dan tanjakan yang curam akan membuat Anda berharap sepeda Anda dilengkapi dengan motor!

Dengan Sepeda Motor

Mengendarai sepeda motor di jalan yang agak kacau di Vietnam bukan untuk orang yang lemah hati, namun hadiah untuk beberapa pengalaman mendekati kematian adalah kebebasan yang menggembirakan dengan pemandangan yang indah. Lalu lintas di sepanjang jalan pesisir di luar kota sangat sepi; jalannya datar dan lurus dan cukup mudah untuk pemula. Sepeda motor otomatis dapat disewa melalui akomodasi Anda. Jika beberapa pergantian gigi tidak mengganggu Anda, sepeda motor manual lebih murah.

Sebelum menyewa sepeda motor, baca tentang penipuan sepeda motor umum di Vietnam.

Arah

Sebagian besar peta wisata gratis yang ditemukan di sekitar Mui Ne adalah alasan untuk menebang pohon dan mencetak iklan. Sangat menyenangkan operator tur, beberapa peta memiliki arah yang akurat ke White Dunes. Menuju ke sana cukup mudah, namun, kurangnya tanda dapat membuat Anda salah belok.

Kenakan pelana, ikat helm, dan bersiaplah untuk perjalanan yang tak terlupakan!

1. Mulailah perjalanan Anda menuju barat daya—pantai akan berada di kanan Anda—di sepanjang jalur wisata menuju desa Mui Ne; lewati Joe’s Art Cafe di sebelah kiri dan Pogo Club jauh di bawah di sebelah kanan. Jika rambu-rambu mulai beralih ke campuran bahasa Rusia dan Inggris, Anda salah jalan!
  2. Mudah dilewatkan, Aliran Peri dicapai melalui jalan kasar di sisi kiri jembatan kecil pertama yang Anda seberangi. Lanjutkan melewati pelabuhan nelayan karismatik di sebelah kanan, lalu belok kiri di gereja Kristen besar di sebelah kiri; ada rambu lalu lintas.
  3. Berkendara sampai ujung jalan, lalu belok kiri di lampu lalu lintas. Anda akan segera mencapai bundaran lalu lintas yang besar; ambil jalan keluar pertama ke kanan. Red Dunes yang fotogenik akan terlihat di sebelah kiri Anda; Anda harus membayar 25 sen atau membeli minuman untuk parkir di salah satu kafe di seberang jalan.
  4. Lanjutkan melewati Red Dunes di jalan pantai yang panjang untuk sebagian besar perjalanan Anda; langsung melewati kota kecil dan melewati resor yang baru dibangun. Saat bentangan jalan pantai berakhir, belok kiri dan lanjutkan mendaki bukit mengabaikan apa yang tampak seperti bukit pasir berumput di sebelah kanan Anda.
  5. Lewati satu-satunya SPBU di sebelah kanan, lalu ambil jalan tanah liat merah pertama di sebelah kanan Anda; sebuah tanda menunjukkan bahwa Anda berada di dekat White Dunes . Jalan tanahnya berbatu dan belum selesai—segala sesuatu yang tidak bisa dinikmati oleh pengendara sepeda motor. Lanjutkan memantul selama beberapa waktu dengan danau yang luas di sisi kiri Anda. Jangan khawatir tentang White Dunes yang muncul begitu jauh di sebelah kiri, jalan tersebut akhirnya melingkari danau dan membawa Anda ke area parkir.

Parkir untuk White Dunes dikenai biaya tetap 25 sen; selalu mengunci sepeda motor Anda! Sebuah jalan setapak kecil meninggalkan sisi kiri area parkir membawa Anda melewati taman dengan kafe, untaian pohon pinus yang indah, dan akhirnya ke tempat dimulainya pasir.

Jika Anda ingin mencoba peruntungan, sewa kereta luncur sebelum meninggalkan area; tidak ada pilihan sekali di bukit pasir.

Jika Anda masih tersesat, coba tanyakan pada penduduk setempat tentang Bau Trang yang berarti “Danau Putih” dalam bahasa Vietnam; semoga berhasil dengan nada!

Mengunjungi Aliran Peri

Kadang-kadang disebut Fairy Springs, kebanyakan orang melakukan kunjungan ke Fairy Steam ketika pergi ke Bukit Pasir Mui Ne. Sebuah jembatan kecil yang tidak mencolok di sepanjang jalan utama menuju kota—jauh sebelum pelabuhan nelayan—menandai pintu masuk ke atraksi tersebut.

Parkirkan sepeda motor atau sepeda Anda di kafe di sebelah kiri seharga 25 sen, lalu lanjutkan menyusuri jalan yang belum selesai. Aroma yang menarik berasal dari pot tanah liat besar berisi kecap ikan yang difermentasi—khusus Mui Ne—di sebelah kanan. Jalan setapak kecil berkelok-kelok di antara rumah-rumah tempat anak-anak akan menawarkan untuk memandu Anda dengan biaya tertentu. Tidak diperlukan panduan, teruskan saja ke ujung jalan menuju aliran berlumpur.

Di sini Anda bisa berjalan di aliran setinggi mata kaki atau mengambil jalan yang lebih curam ke kanan. Banyak orang memilih untuk membuat lingkaran dan kembali dengan berjalan di pasir sungai yang lembut. Terlepas dari nama ajaibnya, beberapa formasi batuan yang menarik dan ngarai kecil adalah satu-satunya daya tarik dari Fairy Steam.