Bagaimana Rasanya Terbang ke Belahan Dunia Selama Pandemi

Karena saya sangat yakin Anda sudah menyadarinya sekarang, ada pandemi global yang memengaruhi perjalanan ke mana-mana. Itu adalah sesuatu yang secara pribadi saya kenal sebagai penulis perjalanan — saya telah melaporkannya untuk TripSavvy selama lebih dari setahun. Secara alami, perlambatan telah mempengaruhi pekerjaan saya secara mendalam. Pada tahun normal, saya akan naik empat hingga delapan pesawat sebulan (dan kadang-kadang bahkan lebih), tetapi pada tahun 2020, anggap saja saya terbang jauh lebih jarang.

Bagi saya, terbang bukan hanya bisnis. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, duduk di pesawat pada ketinggian jelajah adalah tempat yang menyenangkan bagi saya—panggil saya George Clooney à la “Up in the Air”. Jadi dihukum selama berbulan-bulan membuatku kurus, dan seperti banyak orang di seluruh dunia, aku menderita sedikit demam kabin. Itu sebabnya ketika saya mendapat kesempatan untuk melakukan perjalanan kerja ke Kenya pada bulan Oktober dan melaporkan pengalaman penerbangan saya di Qatar Airways (yang merupakan salah satu maskapai favorit saya), saya langsung melakukannya.

Berangkat dari New York

Dalam keadaan biasa, memesan perjalanan ke luar negeri membutuhkan perencanaan yang matang, dengan mempertimbangkan detail seperti visa dan vaksinasi. Sekarang, semua itu diperkuat secara dramatis. Saya perlu menjalani tes PCR COVID-19 negatif dalam waktu tiga hari setelah kedatangan untuk memasuki Kenya. Mengingat dibutuhkan hampir satu hari penuh untuk sampai ke Kenya dari New York, jendela pengujian saya sangat tipis. Setelah beberapa panggilan telepon ke klinik yang berbeda, saya menemukan satu yang menjamin penyelesaian 48 jam untuk mendapatkan hasil, yang akan memastikan bahwa saya memiliki dokumen saya sebelum saya naik ke penerbangan saya dan itu masih berlaku pada saat itu. kedatangan di Kenya.

Check-in online untuk penerbangan saya tidak tersedia—mungkin karena agen meja perlu memverifikasi bahwa saya memiliki dokumen yang sesuai—jadi saya tiba lebih awal ke bandara untuk menyelesaikan prosesnya. Setelah agen meja memeriksa semua dokumen saya, saya diberikan tiket emas saya: dua boarding pass untuk dua penerbangan saya, pertama ke Doha, lalu ke Nairobi.

Begitu berada di dalam terminal, saya tidak punya tujuan selain gerbang, karena semua lounge ditutup. Setelah saya mengambil tempat duduk saya (menjauhkan diri dari penumpang lain), agen gerbang kami membagikan pelindung wajah untuk dipakai dari boarding hingga deplaning. Kiat pro: Pelindung wajah Qatar memiliki film pelindung, satu di setiap sisi, jadi pastikan Anda melepasnya agar tidak berkeliaran dalam kabut seperti yang saya lakukan. Kemudian boarding dimulai.

Penerbangan Pertama

Salah satu alasan saya merasa sangat nyaman terbang adalah karena saya akan duduk di kabin kelas bisnis. Pada penerbangan jarak jauh Qatar dengan B777 atau A350, itu berarti Qsuite, yang kurang lebih merupakan kursi jarak sosial terakhir di pesawat. Penumpang kelas bisnis disuguhi suite pribadi yang luas dengan pintu geser—meskipun tidak sepenuhnya tertutup, mereka memastikan bahwa Anda akan cukup terpisah dari penumpang lain dan bahkan kru (yang, sebagai catatan, dilengkapi APD berlimpah). Dan, seperti yang saya duga, pesawat itu bahkan tidak penuh; di kabin saya, hanya setengah dari suite yang terisi, memungkinkan jarak sosial ekstra.

Sesampainya di Qsuite saya, saya menemukan perlengkapan sanitasi khusus yang menunggu saya, selain perlengkapan standar: Qatar menyediakan masker sekali pakai, sarung tangan sekali pakai, dan pembersih tangan untuk semua penumpang. Meskipun mungkin tidak perlu, saya menghapus seluruh suite saya untuk berjaga -jaga. Seperti kebiasaan di kelas bisnis jarak jauh, saya diberikan segelas sampanye sebagai minuman pra-keberangkatan saya—saya dengan hati-hati menurunkan masker wajah saya untuk setiap tegukan, menyelipkan gelas saya di bawah pelindung wajah.

Meskipun penumpang jelas memiliki kebebasan untuk melewatkan makan jika mereka mau, saya memutuskan untuk menguji air dan makan malam, meskipun penerbangan saya berangkat jam 1 pagi, terutama karena saya ingin tahu tentang bagaimana itu akan disajikan. Pada penerbangan domestik di Amerika Serikat, pilihan santapan kelas satu terbatas pada makanan ringan daripada makanan berlapis. Itu tidak terjadi di Qatar. Saya disajikan iga pendek di piring asli dengan peralatan perak asli, dan anggur saya dituangkan ke dalam gelas asli. Meskipun penumpang diizinkan melepas masker wajah mereka saat makan, saya tetap memakainya di antara gigitan, untuk berjaga-jaga

Namun, ada beberapa perbedaan kecil antara layanan sebelum pandemi dan selama pandemi di Qatar. Pertama, untuk tujuan sanitasi, pramugari menahan diri untuk tidak mengatur peralatan perak—garpu dan pisau dibungkus dengan serbet dan diletakkan di atas meja nampan kami dalam bundelan sehingga tidak ada tangan yang menyentuh peralatan perak kami selain tangan kami sendiri. Kedua, makanan tidak disajikan di lapangan, tetapi sekaligus untuk meminimalkan kontak antara pramugari dan penumpang. Dan terakhir, setiap piring ditutup dengan penutup plastik untuk menambah tingkat perlindungan terhadap kontaminasi. Sejujurnya, saya tidak menemukan perubahan ini sedikit pun mengecewakan, dan saya menghargai langkah-langkah keamanannya.

Setelah makan malam, saya meminta layanan merapikan tempat tidur kepada pramugari saya, yang masih disediakan untuk penumpang kelas bisnis—Qsuite memiliki tempat tidur datar, dan dilengkapi dengan bantal, alas kasur berlapis, dan selimut. Sementara tempat duduk saya sedang disiapkan, saya menuju ke toilet untuk berganti ke piyama The White Company yang disediakan oleh maskapai, sehingga menghindari kepadatan di lorong. Sedangkan untuk tidur, penumpang kelas bisnis di penerbangan saya diizinkan melepas pelindung wajah dan masker, mengingat jarak antar kursi. Saya memang melepas pelindung plastik, tetapi saya tetap memakai masker untuk keamanan tambahan. Namun hari ini, situs Qatar mengindikasikan bahwa semua penumpang harus memakai masker setiap saat.

Sisa penerbangan saya cukup lancar—saya tidur nyenyak, lalu bangun untuk sarapan sebelum mendarat, yang disajikan dengan tindakan pencegahan keamanan yang sama seperti makan malam. Secara keseluruhan, itu adalah penerbangan yang menyenangkan.

Singgah

Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar, adalah pusat transit utama, dan pada waktu normal bisa sangat ramai. Bukan itu masalahnya kali ini. Penumpang transit melewati keamanan bandara sebelum memasuki terminal utama. Tidak seperti di JFK, lounge saya buka di sini—Saya menghabiskan waktu singgah saya di Lounge Bisnis Al Mourjan yang besar. Dengan luas 100.000 kaki persegi, ada banyak ruang untuk jarak sosial. Tersedia berbagai area tempat duduk, termasuk kamar pribadi yang tenang dengan sofa jika ingin tidur siang, plus restoran.Â

Saya membagi waktu saya antara kamar pribadi yang tenang dan restoran. Pada masa pra-pandemi, restoran memiliki prasmanan swalayan, bar, dan layanan makanan à la carte — hari ini, satu-satunya perbedaan adalah Anda tidak dapat duduk di bar, dan prasmanan sekarang memiliki staf.

Penerbangan Kedua

Berbeda dengan penerbangan pertama, penerbangan kedua saya, perjalanan enam jam dari Doha ke Nairobi, menggunakan B787 Dreamliner, artinya tidak ada Qsuite. Sebaliknya, saya duduk di kelas bisnis bergaya tradisional dengan tata letak herringbone terbalik. Seperti pada penerbangan pertama saya, pelindung wajah dan masker diperlukan selama boarding, tetapi semua penumpang diizinkan melepasnya untuk makan, sementara penumpang kelas bisnis juga dapat melepasnya saat tidur. (Sekali lagi, hal itu tampaknya tidak lagi menjadi masalah hari ini.) Mengingat bahwa tempat tinggal sedikit lebih ketat daripada penerbangan pertama saya—walaupun masih jauh lebih luas daripada di kelas ekonomi—saya memastikan untuk memakai APD sebanyak mungkin. .

Tiba di Kenya

Akhirnya, saya berhasil sampai ke Nairobi. Protokol untuk masuk cukup mudah—mengukur suhu tubuh, menunjukkan paspor, e-visa, dan hasil tes PCR negatif. Pada saat saya berhasil melewati kontrol perbatasan dengan stempel baru di paspor saya, koper saya sudah menunggu saya di pengambilan bagasi.

Kembalinya

Perjalanan pulang kurang lebih sama—kecuali saat tiba di Amerika Serikat. Saat ini, AS mewajibkan semua penumpang untuk menunjukkan hasil tes antigen negatif COVID-19 kepada maskapai mereka sebelum menaiki penerbangan mereka ke negara tersebut. Itu tidak terjadi ketika saya terbang di bulan Oktober. Faktanya, sama sekali tidak ada aturan tentang pengujian atau karantina apa pun. Tiba di rumah dan melewati pemeriksaan paspor pada dasarnya sama seperti hari sebelum pandemi, yang menurut saya agak mengejutkan. Namun, untuk ketenangan pikiran saya sendiri, saya diuji dan tinggal di rumah atas kemauan saya sendiri.

Bawa Pulang

Untuk lebih jelasnya, saya tidak mendukung bepergian dengan sembarangan selama pandemi. Namun, saya percaya bahwa kita dapat melakukan perjalanan dengan cerdas dan aman, selama kita mematuhi semua panduan lokal, nasional, dan internasional.

Sepanjang pengalaman 38 jam saya dalam perjalanan, saya merasa cukup aman—dan saya tidak merasa bahwa saya juga membahayakan sesama penumpang atau anggota kru. (Untuk apa nilainya, ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa virus tidak mungkin ditularkan di dalam pesawat, selama semua orang memakai topeng mereka.)

Apakah saya akan terbang lagi selama pandemi? Ya. Secara khusus, menurut saya Qatar melakukan pekerjaan luar biasa dalam mengomunikasikan dan menegakkan kebijakan kesehatan dan keselamatannya, melindungi awak dan penumpangnya, dan tetap menyediakan layanan terbaik yang dikenal maskapai ini selama masa pra-pandemi.