Dua Jalan Mudah Dekat Pantai Pembrokeshire

Jalur Pantai Pembrokeshire di Wales bisa menjadi pengalaman yang menantang atau menyenangkan, lembut. Terserah kamu.

Beberapa deskripsi tentang Jalur Pantai Pembrokeshire dapat mencegah pendakian bagi penggemar softies. Baru-baru ini, A Long Wet Walk in Wales, Oleh Dominique Browning menggambarkan perjalanan lima hari sepanjang 64 mil di sepanjang jalan setapak sebagai cobaan berat yang dingin, terus-menerus basah, terkadang berbahaya, diselingi oleh makanan yang buruk dan bermalam di akomodasi biasa-biasa saja. Penulis menyukainya.

Jika itu jenis tantangan yang Anda kejar, jangan baca lebih lanjut. Namun, jika Anda bukan penggemar ketidaknyamanan dan ketakutan seperti aktivitas liburan, kabar baiknya adalah ada pilihan yang jauh lebih lembut yang menawarkan kesenangan yang sama banyaknya dengan pantai yang indah dan relatif masih alami ini.

Apakah jalan-jalan itu inti dari liburan Anda atau hanya sebagian saja. Jika Anda memesan istirahat Anda melalui spesialis liburan jalan kaki dalam liburan jalan kaki, Anda dapat mengharapkan liburan di mana jalan kaki – dengan segala yang mungkin terjadi pada Anda – adalah inti dari perjalanan.

Sebaliknya, jika Anda menjadikan penjelajahan tujuan dan terlibat dengan orang-orang lokal sebagai tujuan perjalanan Anda, kemungkinan besar Anda akan menemukan jalur yang menyenangkan di mana mereka berjalan-jalan dengan anjing mereka, berjalan ke pantai, pergi keluar blackberry memilih atau meninggalkan makan siang hari Minggu mereka sendiri; bukit-bukit yang mereka daki untuk berpikir dan menikmati pemandangan, jalan pintas yang mereka ambil melalui hutan dan melewati tanjung menuju pub favorit.

Kedua jalan kaki ini hanyalah cara untuk menikmati hari di udara segar, menjadi bagian dari lanskap dan menikmati pemandangan.

01 dari 11

Jalan 1: Newport dan Muara Nevern

Richard Baker/Getty Images

Jalan melingkar ke Pembrokeshire Coastal Path dari desa Newport di pantai Pembrokeshire Utara ini berjarak sekitar 2,75 mil di atas sebagian besar jalur datar, beberapa di antaranya ramah kursi roda. Perjalanan dimulai dan diakhiri di Llys Meddyg, sebuah restoran yang sangat bagus dengan akomodasi B&B mewah.

Jalan kaki mengikuti jalan berliku-liku di Nevern Estuary, di sisi selatannya, muncul di pantai di The Parrog, yang dulunya merupakan pelabuhan Newport. Setelah bentangan pendek melintasi sisi selatan pantai, jalan setapak membentang di sepanjang puncak tebing berbatu, menanjak menuju tanjung di barat. Ada pemandangan Teluk Newport yang dramatis dan tanjung serta tebing di Utara serta tebing Dinas Head di Selatan.

Lanjutkan ke 2 dari 11 di bawah ini.

02 dari 11

Arah atau Klik untuk Melihat Peta

Arah:

1. Keluar dari Llys Meddyg, belok kiri ke East Street (A487). Di belokan pertama, belok kiri ke Feidr Pen-Y-Bont (bertanda Pen-Y-Bont) dan lanjutkan menuruni bukit di jalan ini.
    2. Setelah sekitar seperempat mil, capai Jembatan Besi, serangkaian lengkungan putih tingkat rendah di seberang Sungai Nevern. Jangan menyeberangi jembatan. Sebaliknya, pergi melalui gerbang ke kiri ke jalan. Ada area berumput kecil di sini dengan beberapa bangku. Setelah melewati gerbang, lanjutkan di sepanjang jalan ini. Itu lebar dan kering, diaspal dengan kerikil di beberapa tempat, dapat diakses dan cocok untuk pengguna kursi roda. Di musim semi, ia mekar dengan bawang putih liar dan sepanjang itu Anda dapat melihat burung liar dan berbagai macam tanaman muara.

Lanjutkan ke 3 dari 11 di bawah ini.

03 dari 11

Pemandangan Pantai dan Perahu Layar Tertambat

Ferne Arfin

Melanjutkan perjalanan Nevern Estuary, Anda akan melihat bahwa saat sungai melebar, pemandangannya indah. Luangkan waktu Anda

1. Setelah sekitar 0,6 mil, ada pemandangan pantai yang panjang dan perahu layar yang ditambatkan. Saat air surut, mereka beristirahat di atas pasir.
    4. Sekitar dua pertiga mil, tiba di persimpangan Parr og Road. Ada plang Jalan Pantai Wales. Belok kanan dan lanjutkan menuju Parrog, beberapa ratus meter jauhnya.

Lanjutkan ke 4 dari 11 di bawah ini.

04 dari 11

Parrog

Ferne Arfin

Beberapa rumah desa yang berwarna-warni mengarah ke pantai dan melanjutkan ke tembok laut di belakang pantai.

1. Ikuti jalan menuju pantai, melewati boks telepon Inggris berwarna merah dan tanda The Parrog. Ada parkir umum, dengan toilet di dekat tanda ini dan klub perahu pribadi di luar.

Lanjutkan ke 5 dari 11 di bawah ini.

05 dari 11

Rute Kursi Roda Alternatif

Ferne Arfin

Rute alternatif ini, untuk pengguna kursi roda dan kursi dorong (kereta bayi) membawa Anda kembali ke desa dan titik awal di jalur beraspal.

6.Jalan kaki menjadi tidak cocok untuk kursi roda di luar titik ini. Anda dapat kembali dengan cara yang sama saat Anda datang, atau mengambil Parrog Road sekitar seperempat mil ke desa Newport di Bridge Street dan belok kiri. Titik awal perjalanan sekitar seperempat mil lebih jauh saat Bridge Street berubah menjadi East Street.

Jika Anda mengklik tautan peta di atas, rute alternatif juga ditampilkan.

Lanjutkan ke 6 dari 11 di bawah ini.

06 dari 11

Mendaki Jalur Pantai

Ferne Arfin

Jalan setapak menjadi agak tidak rata di bawah kaki tetapi ada pegangan pada titik ini dan tetap mudah untuk orang dewasa dan anak-anak yang bugar.

7.Lanjutkan di sepanjang sisi kiri – atau selatan teluk. Jalan kaki membentang di sepanjang tembok laut tua lalu turun sebentar ke pantai sekitar 50 yard sebelum mendaki tanjakan ke jalan beraspal yang sempit. Sebagian jalan dilindungi dengan pagar.
8.Jalur menanjak ke arah selatan, dengan beberapa rumah pantai di kiri dan tebing rendah serta pantai di kanan.

Lanjutkan ke 7 dari 11 di bawah ini.

07 dari 11

Nikmati Pemandangan dan Pulang – Akhir Perjalanan 1

Ferne Arfin

1. Setengah mil dari tanda Parrog, ada area lanskap kecil untuk duduk dan menikmati pemandangan di sebelah kanan Anda.
    (Setelah titik ini, jalur menurun agak curam sebelum mendaki tanjung berikutnya. Jika Anda melanjutkan ke arah ini, Anda akan tiba di Dinas Head setelah kira-kira dua mil lagi berjalan di puncak tebing.)

Untuk melanjutkan perjalanan yang dipetakan ini, Anda perlu mundur sebentar. SEBUAH

1. Lanjutkan kembali cara Anda datang. Dalam seperempat mil lebih sedikit, tepat setelah jalan setapak di pantai, belok kanan di Feidr Brenin (lihat peta).
    11. Belok kiri di Fe idr Ganol setelah kurang dari seperempat mil.
    12. Lanjutkan di Feidr Ganol sejauh tiga perempat mil, belok kiri di setiap persimpangan sampai jalan tersebut bertemu dengan Parrog Road. Feidr Ganol adalah jalur yang sangat sempit dengan tanggul yang tinggi jadi perhatikan mobil dan pengendara sepeda.
    13. Belok kanan ke Parrog Road lalu belok kiri ke Bridge Street. 14. Lanjutkan di Bridge Street sejauh seperempat mil ke titik awal jalan kaki di Llys Meddig

Lanjutkan ke 8 dari 11 di bawah ini.

08 dari 11

Walk 2: A Woodland Walk to Stepaside

Ferne Arfin

Bintang di mahkota Pembrokeshire sejauh menyangkut pejalan kaki yang serius adalah Coastal Path sepanjang 260 mil. Tapi jalan hutan pendek yang indah ini dimulai di pantai, lalu menuju ke pedalaman dan ke atas menuju kejutan bersejarah. Jalannya lebar, kering dan mudah dilalui. Elemen tersulit dari perjalanan ini adalah menjelaskan di mana menemukan titik awal.

Lanjutkan ke 9 dari 11 di bawah ini.

09 dari 11

Mulailah Perjalanan di Wiseman’s Bridge

ianwool/Getty ImagesÂ

Jembatan Wiseman adalah pantai dan penginapan, tepat di sebelah timur sepanjang pantai dari Saundersfoot dan pada dasarnya satu teluk di sepanjang pantai yang digigit teluk ini dari resor tepi laut Tenby di Pembrokeshire Selatan.

Di seberang (atau barat daya) ujung pantai dari penginapan, ada tempat parkir kecil. Di seberang jalan, tanda jalan setapak umum menunjukkan bahwa Stepaside berjarak 1,5 mil dan Kilgetty 3,5 mil. Jalan setapak melewati bangunan kayu dengan toilet umum, lalu terjun ke dalam hutan gelap di samping sungai. Ikuti itu.

Lanjutkan ke 10 dari 11 di bawah ini.

10 dari 11

Hutan Klasik dengan Bawang Putih…Bawang Putih?

Ferne Arfin

Untuk sekitar satu mil, ini adalah jalan hutan klasik. Pohon gugur yang tinggi melengkung di atas jalan setapak yang lebar dan terpelihara dengan baik. Gelembung aliran yang jernih dan berbau segar di sampingnya.Â

Pada bulan Mei ketika kami berkunjung, bawang putih liar berbaris di kedua sisi jalan dengan bunga-bunga putih yang mengangguk, memenuhi udara dengan aromanya yang lezat dan jelas bukan bunga. Pizzeria Eau de Joe, mungkin?

Tidak apa-apa. Bluebells melapisi lereng bukit di sebelah jalan setapak, diselingi dengan buttercup, sandal wanita, bunga elder, dan renda Ratu Anne. Di sana-sini hutan terbuka menjadi tempat terbuka yang tertutup bunga liar atau padang tempat kuda merumput.

Ada sedikit tantangan bagi Anda dalam perjalanan ini. Ini hanyalah tempat yang indah untuk menghabiskan satu jam di lembah yang tenang (Pleasant Valley adalah namanya, sebenarnya) penuh dengan kicau burung dan gemerisik dedaunan.

Kemudian, di Stepaside, sebuah kejutan.

Lanjutkan ke 11 dari 11 di bawah ini.

11 dari 11

“Kastil” Misterius di Stepaside

Ferne Arfin

Di Stepaside, dikelilingi oleh taman berkemah/karavan dan sekelompok kabin, reruntuhan granit yang mengejutkan muncul.

Itu adalah Stepaside Ironworks, dibangun pada tahun 1848 dan ditinggalkan satu generasi kemudian. Jalur hutan yang indah, diaspal dengan kerikil dan abu dulunya merupakan rute jalur trem berukuran sempit – atau jalur dram dalam istilah yang benar secara teknis – yang membawa besi, dan batu bara dari beberapa tambang terdekat, ke pelabuhan di Saundersfoot.

Ketika pekerjaan menjadi tidak ekonomis, mereka ditinggalkan begitu saja dan hutan mereklamasi lanskap. Ngomong-ngomong, informasinya ada di papan nama di awal jalan setapak, dekat toilet umum. Itu satu-satunya petunjuk tentang reruntuhan monumental itu. Kami melewatinya tanpa membacanya sehingga reruntuhan di Stepaside benar-benar tak terduga. Sebenarnya, dikejutkan oleh “Castle” itu lebih menyenangkan.Â

Tantangan Lebih Lanjut untuk Energik

Pada titik ini, jika Anda merasa energik, teruslah menyusuri jalan setapak yang mengarah ke kiri jalan beraspal untuk sementara waktu. Desa kecil Kilgetty berjarak sekitar dua mil lebih jauh. Ini adalah kasus perjalanan yang jauh lebih menarik daripada tujuan sebenarnya. Tidak banyak yang bisa dilihat dan dilakukan di Kilgetty tetapi jalur pendakiannya indah dan pencapaian pendakiannya memuaskan.

Apakah kita mengatakan mendaki? Ya, jika Anda memutuskan untuk terus melewati Stepaside, alih-alih kembali ke pantai seperti saat Anda datang, berhati-hatilah. Mil terakhir dari jalan setapak menanjak dengan mantap pada kemiringan 30 hingga 40 derajat yang sangat curam dan sebagian besar sudah lama diaspal dengan beton bergerigi untuk menopang roda besi gerobak yang ditarik ke atas jalur dram. Bawalah nomor taksi jika Anda tidak ingin kembali ke jalan yang curam. Kilgetty sekarang memiliki beberapa perusahaan taksi, Road Runners dan Kilgetty Cabs daripada yang dapat membawa Anda ke mana pun Anda pergi.