Monsun Trekking ke Malana, di Himachal Pradesh India

Hujan musiman yang hangat menyapu Manali, kota resor populer di kaki Himalaya India di Himachal Pradesh. Saat berlindung di sebuah kafe di jalan utama Vashist, di seberang Sungai Beas dari Manali, saya membaca tentang desa terdekat Malana. Meskipun hanya 13 mil langsung dari Manali, Malana sangat berbeda dari tetangganya yang macet. Jauh di perbukitan lembah terpencil, sebuah jalan di dekat desa baru dibangun beberapa tahun terakhir, dengan pengembangan proyek pembangkit listrik tenaga air di Sungai Malana.

Orang-orang Malana percaya bahwa mereka adalah keturunan dari tentara Alexander Agung, dari anak buahnya yang memisahkan diri saat melewati daerah ini dan menetap, menikah dengan penduduk setempat. Orang-orang di sana juga mempraktekkan suatu bentuk yang ketat dari ketidaktersentuhan dan percaya bahwa semua orang luar adalah orang-orang najis yang tidak dapat disentuh, baik sesama Hindu India atau orang asing. Meskipun India secara konstitusional menghapuskan sistem kasta pada tahun 1950, pada kenyataannya sistem kasta dipraktikkan di seluruh negeri. Pengunjung dipersilakan untuk mengunjungi Malana, tetapi mereka tidak dapat menyentuh apa pun kecuali tanah yang mereka pijak. Di seluruh desa, tanda-tanda menyatakan denda untuk menyentuh kuil atau tembok desa adalah 2.500 rupee. Ada wisma tamu di tepi Malana yang terbuka untuk pengunjung, tetapi dijalankan oleh orang asing di Malana. Mereka tidak diizinkan berada di dalam batas desa yang sebenarnya.

Buku panduan saya mencantumkan Malana sebagai tujuan perjalanan sehari dari Manali, tetapi saya begitu terpesona oleh suara desa sehingga saya memutuskan untuk meluangkan waktu dan melakukan perjalanan ke sana.

Gambar Rakesh sharma / Getty

Perjalanan dari Naggar ke Malana

Perjalanan empat hari tiga malam ke Malana dimulai dari desa Naggar, 14 mil di sepanjang jalan raya selatan Manali. Dari Naggar, rute menanjak hingga Chanderkani Pass setinggi 12.000 kaki. Ini akan menjadi perjalanan dingin yang tertutup salju di banyak musim, tetapi saya melakukan perjalanan selama musim hujan di bulan Juli. Tentu saja bukan musim pendakian puncak di Himachal Pradesh, tetapi menawarkan hadiahnya sendiri, seperti yang akan saya temukan.

Agensi di seluruh Manali dan Vashisht dapat mengatur pemandu dan porter untuk membawa trekker ke Malana, tetapi saya memilih agensi kecil yang dikelola keluarga dan berbasis di Naggar. Setelah melakukan perjalanan secara luas di seluruh India selama bertahun-tahun, saya tidak gugup melakukan banyak hal sendirian, tetapi saya tidak ingin melakukan perjalanan melalui pegunungan tanpa pemandu. Karena ini adalah perjalanan berkemah, saya juga perlu membawa tenda, perlengkapan tidur, dan semua makanan. Saya ditemani oleh seorang pemandu, Ranjit, dan dua porter-come-cooks, Ramesh dan Umesh. Di beberapa bagian lain India (seperti Ladakh), pemandu wanita tersedia untuk disewa oleh pelancong wanita. Saya tidak memiliki opsi ini untuk perjalanan ini di Himachal Pradesh, tetapi saya memastikan bahwa agensi tempat saya memesan memiliki ulasan dan referensi yang bagus, dan akhirnya saya merasa sangat nyaman dengan kehadiran ketiga pria tersebut selama empat hari.

Hujan deras semalaman dan hingga pagi hari pertama berarti kami memulai dengan lambat, tetapi salah satu keuntungan memulai perjalanan dari Naggar daripada Manali adalah bahwa ujung jalan setapak dapat dicapai dengan berkendara singkat.

Perjalanan itu sepenuhnya menanjak selama dua hari pertama, tetapi tidak terlalu curam dan melewati hutan, padang rumput, dan desa-desa kecil. Desa pertama yang kami capai adalah Rumsu, hanya 30 menit dari Naggar. Dengan rumah batu tradisional dan kuil kayu yang diukir dengan gaya Himachali, tempat ini merupakan tujuan perjalanan sehari yang ideal bagi wisatawan yang tidak memiliki waktu untuk perjalanan yang lebih jauh dari Naggar.

Hujan mulai lagi di Rumsu dan berlanjut hingga sisa hari itu. Tapi, Naggar sendiri berada di ketinggian hampir 6.000 kaki, dan saat kami mendaki di ketinggian, hujannya lebih dingin daripada lembab. Setelah berjalan sekitar 3,5 jam, kami sampai di sebuah padang rumput yang merupakan tempat perkemahan pertama. Akan ada pemandangan Lembah Kullu yang mengesankan jika tidak hujan, tetapi musim hujan memberi saya alasan untuk mundur ke tenda saya dan membaca untuk malam itu. Kami adalah satu-satunya kelompok yang berkemah di sana, meskipun Ranjit memberi tahu saya bahwa bulan Juni ramai ketika siswa sedang berlibur.

Praveen PN / Getty Images

Hujan turun deras semalaman, dan meskipun saya berhasil tetap kering, air merembes melalui alas tenda saya dan membasahi sebagian besar barang saya. Untungnya, satu set pakaian duduk di atas segalanya, dan tetap kering, jadi saya tidak perlu memakai pakaian basah.

Hari kedua berjalan sangat mirip dengan yang pertama: melalui hutan dan padang rumput, dengan hujan yang terputus-putus, menanjak. Saya mulai mempertanyakan kebijaksanaan trekking selama puncak musim hujan, tetapi bersyukur setidaknya tidak ada lintah.

Hari ketiga dimulai dengan lebih baik, hanya dengan sedikit hujan. Itu adalah hari yang telah kunantikan, ketika kami tiba di Malana. Namun sebelum melintasi Celah Chanderkani yang tinggi, yang menghubungkan Lembah Kullu dengan Lembah Malana, yang dengan sendirinya menghubungkan ke Lembah Parvati di baliknya. Hari itu akan diakhiri dengan penurunan yang sangat curam ke perkemahan kami di atas Malana.

Pendakian ke celah itu sangat mudah. Kami telah berkemah sekitar 90 menit berjalan kaki di bawah celah, tetapi sebagian besar berjalan menanjak dengan lembut melalui padang rumput. Pada ketinggian 12.000 kaki, Chanderkani Pass cukup tinggi sehingga para pelancong mungkin merasa pusing, sesak napas, atau sakit kepala akibat ketinggian. Saya tidak memperhatikan ketinggiannya, tapi itu mungkin karena saya baru saja menghabiskan beberapa minggu di dataran tinggi Ladakh. Pelancong yang datang dari ketinggian yang lebih rendah harus menyadari bahwa mereka mungkin merasa tidak enak badan di Chanderkani Pass, tetapi hal ini kemungkinan tidak akan berlangsung lama karena jalurnya akan segera menurun tajam. Obat termudah untuk penyakit ketinggian adalah turun.

Awan hujan mengaburkan pandangan, lagi, tapi setidaknya tidak ada salju yang harus dilalui dengan susah payah. Salju dapat hadir hingga bulan Juni, jadi sebaiknya bersiaplah untuk perjalanan ini setiap saat sepanjang tahun.

Padang rumput yang mengarah ke bawah dari celah itu dipenuhi bunga-bunga liar berwarna-warni yang cerah dan bersenandung dengan suara lebah. Meski tidak setenar perjalanan Lembah Bunga di Uttarakhand, hamparan bunga di sini sama-sama mengesankan. Snapdragon ungu, bunga lupa-aku-tidak biru kecil, bunga aster kuning, bunga seperti poppy merah cerah (yang bukan bunga poppy), dan berbagai macam bunga merah muda, ungu, biru, kuning, merah yang tidak dapat saya sebutkan namanya menebus setiap saat ketidaknyamanan lembab yang saya rasakan sampai saat itu dalam perjalanan.

Luis Dagos / Getty Images

Turun ke Malana

Kami berhenti untuk makan siang piknik di puncak jalan menurun menuju Malana. Setelah melakukan beberapa perjalanan Himalaya, saya tahu bahwa penurunan sering kali lebih menantang daripada pendakian, tetapi saya tidak menyadari betapa sulitnya hal ini. Perjalanan Naggar ke Malana dinilai “berat”, dan setelah dua hari pertama, saya pikir itu tidak akurat. Tapi, di penghujung hari ketiga, saya mengerti kenapa. “Jalan” dari Chanderkani Pass ke Malana melewati dedaunan yang lebat dan tinggi serta melewati bebatuan yang curam. Jalan melalui Lembah Malana sangat curam, jauh ke bawah. Karena saat itu adalah musim hujan, jalurnya basah, tetapi untungnya, hari ini tidak banyak hujan. Setelah sekitar satu jam, kaki saya mulai gemetar tak terkendali, dan saya harus bersandar pada Ranjit hampir sepanjang jalan. Seluruh penurunan memakan waktu sekitar empat jam.

Saat pemandu saya mendirikan kemah di punggung bukit kecil di atas Malana, saya menikmati pemandangan matahari terbenam yang jelas di Lembah Malana dan menuju Lembah Parvati. Malam pertama perjalanan yang cerah.

Keesokan paginya kami berjalan ke Malana sendiri, hanya sepuluh menit menuruni bukit dari perkemahan. Malana adalah salah satu pemukiman paling terpencil di Himachal Pradesh sampai jalan dibangun melalui Lembah Malana beberapa tahun lalu, bersamaan dengan proyek pembangkit listrik tenaga air. Desa Malana adalah satu-satunya pemukiman di Lembah Malana. Karena penduduknya sangat tertutup (dan berbicara bahasa mereka sendiri, Kanashi), tidak diketahui berapa banyak orang yang benar-benar tinggal di sana secara permanen. Tidak lebih dari beberapa ratus.

Ranjit menunjukkan saya ke kuil, meskipun kami tidak diizinkan masuk. Kami berjalan melewati sekolah kecil dan perpustakaan, keduanya tutup. Kebakaran serius pada tahun 2008 telah menghancurkan banyak atraksi budaya tertua di Malana. Malana memiliki suasana yang sangat berbeda dengan kota-kota lain di Himachal Pradesh, yang cenderung sangat rapi, bersih, dan damai. Meskipun saya tidak merasa tidak diinginkan, dan ada beberapa turis lain di sekitar, mungkin mengetahui bahwa saya akan didenda sebanyak menyentuh dinding yang membuat saya merasa sedikit tidak nyaman.

Seluruh tubuh saya sakit karena turun hari sebelumnya, dan saya salah mengira hari terakhir berjalan akan mudah. Tapi kami harus turun lebih jauh ke jalan melalui Lembah Malana, meskipun kali ini melalui jalan setapak yang lebih jelas. Butuh waktu sekitar 90 menit untuk turun ke jalan di dasar Lembah Malana, yang mengalir di sepanjang Sungai Malana air putih yang curam, berjatuhan di atas bebatuan. Kami berjalan di sepanjang jalan selama dua jam lagi, mencapai Lembah Parvati yang lebih luas, dari mana Lembah Malana bercabang. Begitu kami mencapai titik pertemuan kedua lembah, terlihat jelas betapa curamnya sisi Lembah Malana dan betapa jauhnya cabang kecil ini.

Di sinilah kami seharusnya bertemu penjemputan kami untuk mengantar kami dua-tiga jam kembali ke Naggar. Tapi kami mendapat telepon yang mengatakan bahwa Jeep memiliki ban kempes dan sedang diperbaiki di montir di kota Jhari dan tidak bisa sampai untuk menjemput kami! Jadi, kami harus berjalan lebih jauh ke Jhari. Saya benar-benar tertatih-tatih pada akhirnya, tetapi berharap untuk kembali ke Vashisht dan berendam di sumber air panas alami terbuka di tengah desa—yang persis seperti yang saya lakukan keesokan harinya.